Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan Yang Harus Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan Yang Harus Anda KetahuiRangka atap baja ringan adalah rangka baja yang memiliki kekuatan yang sangat kuat, namun untuk beratnya tidak seperti berat baja pada umumnya. Untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, struktur bangunan sipil juga di harapkan menggunakan bahan yang berkualitas di segala aspek. Salah satu jenis material yang saat ini sering di gunakan adalah baja karena memiliki nilai ekonomis serta kekuatannya yang cukup lama untuk di gunakan selain beton dan kayu. Meskipun baja memiliki nilai ekonomis dan ketahanan yang luar biasa, bukan berarti baja tidak memiliki kekurangan dan kelebihan yang lainnya. Maka dari itu biasanya baja jika ingin di gunakan selalu di dukung dengan material lain untuk menutupi kelemahan yang di milikinya.

Belakangan ini, rangka atap dengan bahan baja sering di pilih seperti baja ringan yang merupakan material yang di buat dalam keadaan dingin ( Cold-Formed Steel ) yang memiliki ketebalan antara 0,4 mm hingga 3,0 mm. Jika baja ringan ini akan di gunakan untuk keperluan structural, maka baja ringan yang harus di gunakan harus memiliki kualitas tinggi atau yang terbaik agar bisa tahan untuk menahan beban struktur.

Contoh Gambar Desain Rangka Atap Baja Ringan

 

Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan Yang Harus Anda Ketahui

Contoh Gambar Desain Rangka Atap Baja Ringan

Kelebihan dan kekurangan Baja Ringan Pada Bangunan

 

Baja ringan memiliki kualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis berbeda dari baja konvensional yang berat dan tebal. Rangka atap baja ringan memang di buat untuk memudahkan perakitan konstruksi yang meskipun tipis tapi memiliki kekuatan derajat tarik yang tinggi sekitar 550 MPa lebih besar di banding baja konvensional yang hanya 300 MPa. Kuda-kuda dari baja ringan jika di hitung lebih rapat di bandingkan kayu, contohnya jika genteng berbobot 40kg/m2 maka jarak kuda-kuda atap baja ringan bisa di buat setiap 1,4m. Nah di bawah ini kami sudah membuat beberapa kekurangan dan kelebihan dari penggunaan atap baja ringan yaitu :

Kelebihan dan kekurangan Baja Ringan Pada Bangunan :

Kelebihan Baja Ringan :

  1. Baja Ringan memiliki sifat Non Combustible atau tidak membesarkan api.
  2. Bobot yang ringan di bandingkan kayu yang membuat struktur bangunan lebih irit.
  3. Pemasangan baja ringan lebih cepat di bandingkan dengan rangka kayu.
  4. Tidak memiliki nilai susut atau memuai akibat suhu panas atau dingin.
  5. Tidak termakan oleh rayap.

Kekurangan Baja Ringan :

  1. Kualitas dan mutu atap baja ringan kurang terjamin.
  2. Tidak bisa di ekspos seperti kayu dan harus di tutup oleh plafon.
  3. Rangka atap baja ringan tidak bisa fleksibel seperti kayu.
  4. Dengan struktur seperti jaring, rangka atap baja ringan lebih mudah melenceng dari ukuran jika salah satu bagian struktur mengalami salah perhitungan.

Artikel lainnya : Gambar Contoh Rumah Mewah Minimalis 1 Lantai 4 Kamar

Sekian bahasan yang bisa kami bagikan mengenai kekurangan dan kelebihan baja ringan yang harus anda ketahui, semoga bisa berguna bagi anda semua. Terima kasih sudah membaca artikel kami kali ini dan sampai jumpa di bahasan yang lain.

Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan Yang Harus Anda Ketahui | admin | 4.5