Cara Tepat Menghitung Kapasitas AC Sesuai Luas Ruangan

Cara Tepat Menghitung Kapasitas AC Sesuai Luas Ruangan – Memiliki rumah yang sirkulasi udaranya kurang memadai memang serasa kurang nyaman saat ditempati. Namun permasalahan tersebut bisa kita atasi, yakni dengan menggunakan kipas atau AC. Ngomong intentang AC rumah tentu sangat berkaitan dengan PK atau Paardekracht. Kemampuan suatu AC  dalam menyerap hawa panas maupun juga mendinginkan suatu ruangan memang tergantung dari besaran sebuah PK AC. Padahal sebenarnya yang dibutuhkan dalam AC rumah ialah satuan input yang dihasilkan dari semakin besarnya watt serta output sesuai BTU/ Jam.

BTU atau yang dikenal British Thermal Unit adalah satuan dari energy dan umumnya didefinisikan perjam. Nah, hubunganya bersama dengan AC, BTU bisa menyerap hawa panas maupun juga mendinginkan ruang. Sedangkan untuk PK merupakan satuan daya maupun tenaga listrik dikompresor AC. Nah, untuk menentukan daya kompresor PK yang pas anda juga butuh menghitung besaranya daya BTU perjam. Untuk itu kami akan paparkan rumus menghitung kapasitas AC sesuai ruangan.

 

Cara Tepat Menghitung Kapasitas AC Sesuai Luas Ruangan

 

Cara Tepat Menghitung Kapasitas AC Sesuai Luas Ruangan

BTU / hour=(PxLxTxIxE) / 60

Note :
P adalah Panjang ruangan
L adalah Lebar ruangan
T adalah Tinggi ruangan
I adalah Nilai 10 bila ruang berinsulasi (ada dilantai bawah, maupun berhimpit bersama ruang lain). Untuk Nilai 18 bila ruang tidak berupa berinsulasi (pada lantai atas).
E adalah Nilai 16 bila dinding terpanjang yang menghadapu tara, kemudian nilai 17 bila menghadap arah timur; lalu Nilai 18 bila menghadap selatan selanjutnya nilai 20 bila jendela menghadap pada arah barat.
*1 Meter ialah 3,3 kaki atau Feet

Sebagai contoh 3mx6mx tinggi ruangan 3m tidak terinsulasi serta dinding panjang yang menghadap arah timur.Berikut perhitunganya :

(10x20x10x18x17) / 60 sama dengan 10.200 BTU / jam

Berdasarkan kapasitas AC dengan PK :

AC ½ PK = kurang lebih 5.000 BTU/h
AC ¾ PK = kurang lebih 7.000 BTU/h
AC 1 PK = kurang lebih 9.000 BTU/h
AC 1½ PK = kurang lebih 12.000 BTU/h
AC 2 PK = kurang lebih 18.000 BTU/h

Silahkan anda baca juga : 10 Cara Mendekorasi Rumah Menggunakan Surfboard

Nah, guna menyesuaikan 10.200 BTU per jam, maka diperlukan 1 PK AC. Sedangkan besarnya 1 PK AC sama dengan 735.5 maupun750 watt pada 1 jam. Dan Angka tersebut tidak termasuk rugi daya, kemudian kipas pendingin indoor maupun outdoor.Penggunaan listrik AC 1 PK malahan dapat mencapai 1 KWh maupun bisa lebih. Demikian informasi terbaru kami mengenai Cara Tepat Menghitung Kapasitas AC Sesuai Luas Ruangan. Semoga bermanfaat.

Cara Tepat Menghitung Kapasitas AC Sesuai Luas Ruangan | admin | 4.5