Cara Memasang Wallpaper Sendiri di Dinding Kamar Tidur dan Ruang Tamu

Advertisement

Cara Memasang Wallpaper Sendiri di Dinding Kamar Tidur dan Ruang Tamu РMemiliki rumah yang indah adalah dambaan bagi banyak orang, untuk mewujudkan hal tersebut masing-masing orang juga mempunyai cara tersendiri, salah satunya adalah dekorasi ruangan dengan wallpaper. Penerapan wallpaper dinding rumah emmang terbilang masih fresh karena belum banyak orang yang menerapkan metode tersebut. Wallpaper disebut-sebut sebagai pengganti penggunaan cat karena hanya dengan satu kali lapisan anda sudah bisa merasakan keindahan rumah, terlebih proses pemasanganyapun tidak terlalu rumit dan juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Nah berbicara mengenai proses pemasangan wallpaper kali ini kami juga ingin berbagi mengenai cara memasang wallpaper dinding sendiri dengan cepat dan mudah. Untuk memasang wallpaper dinding memang pada dasarnya tidak perlu memiliki tehnik khusus, meskipun memang orang yang sudah ahli akan cepat melakukan proses pemasangan wallpaper. Sebagai gambaran, dibawah ini kami juga telah menyiapkan tips dan cara instalasi wallpaper dinding dengan tangan sendiri.


Cara Memasang Wallpaper Dinding Sendiri Dengan Mudah

1. Pastikan Dinding Bersih

Dinding yang akan dipasangi juga harus bersih, jangan sampai berdebu, lembab, kasar dan juga kotor karena itu akan membuat tampilan wallpaper tidak baik. Jika memang dinding rumah anda masih kotor sebaiknya anda bersihkan dulu hingga benar-benar bersih.

2. Akurasi Ukuran Wallpaper dan Dinding

Langkah pertama saat ingin memasang wallaper maka anda tandai dulu area dinding yang mau dipasangi dengan wallpaper tersebut dengan garis guna menghindari kesalahan saat menggulung wallpaper. Diujung wallpaper sisakan hingga 3 sampai 4 cm di kiri dan juga kanan sekitar 2 sampai 3 cm. Setelah itu potong sisa wallpaper menggunakan cutter supaya lebih rapi serta memakai penggaris.

3. Jumlah Gulung Wallpaper yang Diperlukan

Nah sebagai contoh kita memiliki ruangan 3m x 3m dengan ukuran tinggi dinding sekitar 2,5m. Kemudian wallpaper yang akan digunakan berukuran 10 m x 0,50 m. Luas dinding ialah (2 x (panjang dinding + lebar dinding)) x tinggi ruang, dengan rumus tersebut maka perhitunganya.

 

cara-memasang-wallpaper-sendiri-di-dinding-kamar-tidur-dan-ruang-tamu

 

  • = ((3m + 3m)x 2) x 2,5m
  • = (6m x 2) x 2,5 m
  • = 12 m x 2,5 m = 30 m2.

Untuk perhitungan Luas wallpaper 1 gulung atau roll maka perhitunganya adalah panjang wallpaper x lebar wallpaper. Dengan rumus tersebut anda bisa menghitung dengan cara berikut ini.

  • Luas wallpaper = 10m x 0,50 m
  • Luas wallpaper = 5 m2.

Bahan yang diperlukan

  • Wallpaper = Luas bidang dinding / luas bidang 1 gulung (rol)
  • Wallpaper = 30 m2 / 5 m2
  • Wallpaper = 6 gulung (rol)

4. Proses Pemasangan Wallpaper

  • Saat instalasi wallpaper, silahkan gulung wallpaper hingga ke bagian depan dengan begitu bagian yang rekat atau yang sudah dilem akan bersentuhan. Setelah itu pasang di dinding secara perlahan supaya wallpaper tersebut tidak bergelembung.
  • Jika masih terdapat bekas tempelan wallpaper yang melekat, silahkan basahi dengan memakai spons saja sehingga akan cepat hilang.

Artikel lainnya : Contoh Ruang Tamu Yang Memakai Wallpaper Menyenangkan dan Bagus

Seperti itulah informasi yang dapat kami bagikan kali ini mengenai Cara Memasang Wallpaper Dinding Sendiri Dengan Mudah. Semoga bermanfaat dan memberi gambaran buat anda yang ingin memasang wallpaper dinding dengan tangan anda sendiri.

Cara Memasang Wallpaper Sendiri di Dinding Kamar Tidur dan Ruang Tamu | Dedy Supyandi | 4.5