Apa Perbedaan KPR Bank Syariah dan Bank Konvensional Secara Umum

Apa Perbedaan KPR Bank Syariah dan Bank Konvensional Secara UmumBagi sebagian masyarakat di Indonesia mungkin masih menganggap Bank adalah suatu tempat untuk menyimpan atau menabung uang. Namun sebenarnya pada saat ini sudah ada banyak produk yang di keluarkan oleh Bank selain dari tempat penyimpanan uang saja. Beberapa produk perbankan yang sudah banyak saat ini adalah seperti sarana simpan pinjam uang seperti pinjaman modal, pinjaman dana renovasi rumah, dan yang sedang tren saat ini adalah pinjaman untuk KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

Advertisement

Ada dua jenis Bank yang menyediakan jasa pembiayaan KPR yaitu jenis Bank Syariah dan Bank Konvensional. Dengan adanya dua jenis Bank yang menyediakan jasa pembiayaan KPR ini membuat bingung masyarakat dengan perbedaan dari dua jenis Bank tersebut. Sebenarnya perbedaan yang mendasar yang bisa dilihat adalah dari barang yang di transaksikan oleh kedua jenis Bank tersebut. Barang yang di transaksikan oleh Bank Syariah adalah barang dalam bentuk rumah dan menggunakan prinsip jual beli Murabahah, sedangkan barang yang di transaksikan oleh Bank Konvensional adalah uang.

 

Apa Perbedaan KPR Bank Syariah dan Bank Konvensional Secara Umum

 

Selain contoh perbedan mendasar di atas, ada hal lain yang menjadi perbedaan antara Bank Syariah dan Bank Konvensional yaitu pada KPR Bank Syariah melakukan pembiayaan KPR dengan cara membeli rumah dari Developer terlebih dahulu baru kemudian rumah tersebut di jual kepada konsumen. Sedangkan cara pembayaran yang dilakukan oleh konsumen adalah dengan di cicil tiap bulannya sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Sebagai contoh, Bank membeli sebuah rumah dari developer dengan harga 500 juta kemudian keuntungan yang ingin di ambil oleh Bank adalah sebesar 60 juta, berarti jumlah uang yang harus di cicil oleh konsumen adalah sebesar 560 juta setelah di kurangi oleh uang muka yang sudah terbayarkan sebelumnya. Dengan cara seperti itu sudah jelas terlihat bahwa Bank Syariah tidak menggunakan istilah Bunga pada tiap jenis transaksi yang dilakukannya melainkan menggunakan istilah Margin. Itulah sebabnya mengapa nilai angsuran pada Bank Syariah selalu tetap sejak awal cicilan hingga cicilan lunas.

Advertisement

Berbeda dengan cara yang di lakukan Bank Syariah, pada Bank Konvensional yang melakukan transaksi dalam bentuk uang yang berarti nasabah yang membeli rumah kepada developer menggunakan uang yang di pinjamkan oleh Bank. Pembayaran yang dilakukan oleh konsumen adalah dengan di cicil akan tetapi Bank Konvensional akan mengambil untung tetap hanya di tahun pertama dan kedua saja sedangkan pada tahun-tahun selanjutnya tidak bisa tetap atau berubah-ubah dan bisa menyebabkan nilai angsuran nasabah berubah juga.

Itulah kenapa sebabnya belakangan ini metode Bank Syariah banyak diminati di negara maju seperti Amerika Serikat karena lebih jelas metode yang di terapkan dan pastinya lebih menguntungkan. Selain itu, ada beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh Bank Syariah di banding dengan Bank Konvensional seperti Bank Syariah tidak menggunakan istilah Value Of Money atau yang biasa di sebut denda terhadap konsumen yang terlambat melakukan pembayaran. Begitu juga jika konsumen ingin melunasi cicilan sebelum jatuh tempo, maka konsumen tidak akan dikenakan Penalty karena keuntungan yang sudah di ambil Bank Syariah sudah tetap sejak awal cicilan hingga akhir pelunasan.

Keunggulan lain dari Bank Syariah adalah tidak di terapkannya sistem Compound Interest atau bunga berganda pada tiap angsuran yang dilakukan nasabah. Jadi setiap angsuran yang dilakukan dihitung sesuai dengan perhitungan serta perkiraan pengaruh inflasi dimana keuntungan yang akan di ambil Bank sudah sebelumnya di bicarakan oleh kedua pihak yaitu Bank Syariah dan nasabah atau calon pembeli rumah. Semua sistem yang digunakan pada Bank Syariah pasti sesuai dengan prinsip-prinsip dasar syariah dan sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional serta di jamin kehalalannya.

Artikel lainnya : Pengertian KPR dan 5 Tips Memilih Bank Penyedia KPR Sebelum Membeli Rumah

Demikianlah sedikit informasi yang bisa kami bagikan mengenai perbedaan KPR Bank Syariah dan KPR Bank Konvensional. Semoga bisa menambah pengetahuan anda dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Incoming search terms:

  • perbedaan kpr syariah dan kpr biasa
Apa Perbedaan KPR Bank Syariah dan Bank Konvensional Secara Umum | admin | 4.5