8 Desain Kandang Kelinci Dari Kayu, Besi Yang Cantik, Lucu dan Unik

8 Desain Kandang Kelinci Dari Kayu, Besi Yang Cantik, Lucu dan Unik – Kelinci, sudah pasti anda kenal baik dengan hewan lucu yang satu ini telinganya yang panjang membuat kita gemas melihatnya. Kelinci sangat mudah sekali ditemukan bahkan didaerah perkotaan karena kita juga bisa dengan sangat gampang membelinya ditoko hewan ataupun ditukang kelinci yang memang bisa kita temuai dipinggir jalan. Kelinci juga merupakan salah satu hewan yang seringkali kita jadikan sebagai hewan peliharaan, selain dari anjing dan kucing. Dikarenakan kelinci merupakan hewan yang lucu juga jinak, jadi sangat cocok buat dijadikan sebagai hewan peliharaan, selain itu juga hewan kelinci sangatlah mudah dalam merawatnya, bahkan tidak sedikit orang yang sengaja mengembangbiakkan hewan yang satu ini agar bisa mendapat keuntungan.

Walau kedengarannya masih kurang umum, namun beternak kelinci bisa masuk akal. Karena harganya yang memang lebih murah jika dibandingkan dengan beternak sapi atau kambing. Selain bisa dijual sebagai hewan peliharaan kelinci juga dapat dijual sebagi bahan makanan yang nantinya bisa dimasak menjadi sate kelinci atau juga sup daging kelinci.

Nah, buat anda yang berminat ingin memelihara atau beternak kelinci, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yang salah satunya yaitu kandang kelinci. Benar, kandang merupakan salah satu hal yang paling penting dalam memelihara apapun termasuk juga kelinci. Walaupun pada saat kita membeli kelinci sudah ada kandangnya tapi akan lebih baik jika anda membuatkan kandang baru buat si kelinci, berikut tips tips yang bisa anda lakukan dalam membuat kandang kelinci yang baik.

Contoh Gambar Desain Rumah Kelinci Yang Unik Terbaru

 

Desain Kandang Kelinci Dari Kayu, Besi Yang Cantik, Lucu dan Unik

Model Kandang Kelinci Yang Unik Terbaru

Desain Kandang Kelinci Bertingkat Yang Unik dan Cantik

Desain Kandang Kelinci Minimalis Bertingkat

Desain Kandang Kelinci Minimalis Modern

Contoh Kandang Kelinci di Dalam Rumah

Desain Kandang Kelinci Out Door

Desain Kandang Kelinci Dengan Kayu Warna Putih

Tips – tips Dalam Membuat Kandang Kelinci Yang Baik dan Benar

1.       Bentuk kandang

Kandang kelinci yang anda buat bisa secara bersusun, akan tetapi harus tetap ada jarak dibawah kandang yang nantinya bisa sebagai tempat kotorannya. Karena jika tidak ada nya jarak dikhawatirkan akan membuat kotoran kelinci diatasnya bisa jatuh pada kelinci yang berada dibawahnya dan itu akan mengakibatkan kelinci bisa terkena bakteri yang jahat saat lembap. Dan pada jarak tersebut bisa anda buatkan tempat khusus untuk menampung kotoran sementara sebelum dipindahkan. Selain dari itu, kandang juga harus mempunyai sirkulasi udara yang cukup agar kelinci bisa lebih nyaman saat berada didalamnya.

2.       Tinggi kandang

Dalam menentukan tinggi kandang kelinci alangkah baiknya dibuat jangan kelewat pendek karena kesehatan kelinci ditentukan dari seringnya berdiri. Maka dari itu buatlah kandang kelinci yang sesuai dengan ukuran panjang kelinci tersebut. Contoh anda memiliki seekor kelinci dengan panjang 50 cm maka anda bisa buat kandang dengan ukuran lebih tinggi 10-20 cm dari kelincinya.

3.       Ukuran kandang

Jika anda mempunyai lahan yang lumayan luas maka alangkah baiknya buatlah kandang yang lumayan lebar supaya kelinci merasa nyaman dan menghindari kelembapan, tapi jika lahan yang digunakan buat kandang kurang luas maka anda cukup buat kandang yang minimalis namun tetap harus dengan 4 kali ukuran bear kelinci.

4.       Alas kandang

Sebaiknya anda membuat alas kandang dari bahan yang cukup kuat agar tidak goyang ketika diinjak kelinci. Usahakan juga jika alas memliki celah tidak terlalu lebar atau sempit karena bisa mengakibatkan kelinci terjepit atau terperosok jatuh kebawah. Dan sebaiknya alas bisa dicopot agar lebih mudah dalam membersihkannya.

5.       Penempatan kandang

Untuk penempatannya sendiri sebaiknya kandang kelinci dilatekkan pada tempat yang teduh tapi juga masih tetap bisa terkena paparan sinar matahari, karena sinar matahari sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan kelinci. Sinar matahari ang bagus buat kelinci pun hanya bisa didapat pada waktu tertentu yaitu sekitar jam 6-8 pagi. Maka dari itu usahakanlah supaya kelinci bisa mendapatkan sinar matahari yang baik.

6.       Jarak kandang

Yang terakhir, yaitu dari segi jarak. Jarak kandang dengan tanah sendiri usahakan minimal 30 cm supaya kelinci jauh dari kotoran yang nantinya juga bisa mengurangi resiko kelinci dari serangan bakteri yang bisa mengganggu kesehatannya.

Kalau anda masih bingung dalam membuat kandang kelinci, dibawah ini kami mempunyai contoh desain kandang kelinci klasik, sederhana, dan fresh yang mungkin bisa menginspirasi anda dalam membuat kandang kelinci yang baik dan juga sesuai dengan keinginan anda.

Dalam pembuatan kandang kelinci tidak mesti bagus dan mahal, yang penting bisa nyaman buat si kelinci. Anda bisa menggunakan bahan kayu bekas dalam membuat kandang kelinci seperti contoh gambar diatas, dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk pembuatan kandang kelinci anda. Satu hal yang perlu diingat, usahakan untuk mempelajari semua hal tentang perawatan kelinci supaya anda bisa memelihara kelinci anda dengan baik.

Silahkan anda baca juga : 7 Desain Kandang Kucing Tingkat Dari Alumunium, Besi dan Kayu Terbaru

Cukup sekian pembahasan kita kali ini semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat dan juga menginspirasi anda, terima kasih.

Incoming search terms:

  • kandang kelinci unik
  • kandang kelinci minimalis
  • kandang kelinci
  • kandang kelinci dari besi
  • kandang ayam unik
  • kandang kelinci dari kayu
  • kandang kelinci cantik
  • kandang kelinci yang lucu
  • cara membuat kandang kelinci sendiri
  • desain kandang kelinci yang bertingkat
8 Desain Kandang Kelinci Dari Kayu, Besi Yang Cantik, Lucu dan Unik | admin | 4.5