3 Pilihan Cara Bayar Rumah Agar Menjadi Lebih Mudah dan Aman

3 Pilihan Cara Bayar Rumah Agar Menjadi Lebih Mudah dan AmanPada kesempatan kali ini kami ingin memberikan sedikit informasi mengenai cara melakukan pembayaran rumah. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membayar rumah anda, namun yang akan kami berikan caranya kali ini adalah 3 cara yaitu cara kredit, tunai bertahap, dan tunai keras. Mau tahu maksud dari 3 cara pembayaran rumah di atas, langsung saja lihat bahasannya di bawah ini.

  1. Kredit Menggunakan KPR Bank

Cara yang satu ini adalah yang paling banyak dilakukan karena rumah yang akan anda miliki akan di beli oleh Bank dari developer dan anda mencicil kepada Bank dalam bunga tertentu selama 3 hingga 15 tahun. Akan tetapi anda tetap membayarkan uang muka kepada developer sebesar 20 hingga 30 % karena Bank hanya membayar sebesar 70 hingga 80 % kepada developer dari harga rumah tersebut.

Kelebihan dari cara pembayaran menggunakan KPR Bank ini adalah modal awal yang tidak terlalu besar, uang muka yang terkadang bisa di cicil, adanya asuransi jaminan KPR, keaslian surat tanah dan bangunan sudah di cek oleh pihak Bank. Sedangkan kekurangan dari cara pembayaran ini adalah harga rumah yang lebih mahal karena ada tambahan bunga pinjaman, adanya kewajiban pembayaran cicilan rumah, dan mengurus sendiri kelengkapan dokumen terlebih dahulu.

 

3 Pilihan Cara Bayar Rumah Agar Menjadi Lebih Mudah dan Aman

 

  1. Cara Tunai Bertahap

Cara tunai bertahap adalah cara pembayaran yang dilakukan dalam jangka waktu 6 – 24 bulan dan paling lama 3 tahun. Anda tidak akan berurusan dengan Bank bila melakukan cara ini melainkan berurusan langsung dengan pihak developer. Dengan cara ini, anda akan mengeluatkan uang muka yang cukup besar hingga 50 % karena waktu cicilannya yang singkat.

Keuntungan dari cara pembayaran tunai bertahap ini adalah jumlah uang muka yang di bayarkan adalah setengah dari harga rumah, tidak terlalu lama hutang dengan developer, pembayaran dilakukan langsung ke developer, dan tidak repot mengurus dokumen-dokumen. Adapun kekurangan pembayaran cara ini adalah jumlah cicilan yang di bayarkan cukup besar dalam jangka waktu yang singkat, dan tidak ada jaminan dari pengembang.

  1. Cara Tunai Keras

Cara tunai keras adalah cara pembayaran yang dilakukan dalam jangka waktu kurang dari satu bulan. Apabila anda memiliki dana yang cukup untuk melakukan pembayaran rumah dengan cara ini akan sangat lebih menguntungkan karena bisa menghemat 10 -15 %.

Keunggulan dari cara pembayaran tunai keras adalah ada diskon yang besar serta biaya lebih murah, dan tidak terkena ancaman fluktuasi bunga pinjaman. Sedangkan kekurangan dari cara pembayaran tunai keras ini adalah harus punya modal yang besar dan dana yang tidak bisa di gunakan untuk investasi di bidang lain.

Artikel lainnya : Apa Perbedaan KPR Bank Syariah dan Bank Konvensional Secara Umum

Demikianlah 3 pilihan cara pembayaran rumah yang bisa kami bagikan semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin memiliki sebuah rumah.

3 Pilihan Cara Bayar Rumah Agar Menjadi Lebih Mudah dan Aman | admin | 4.5